Dibalik Fakta Penyandang Nomor Punggung 7 Liverpool - Autensofaiken

Breaking

Rabu, 17 Juni 2020

Dibalik Fakta Penyandang Nomor Punggung 7 Liverpool

Liverpool punya sederet pemain yang tampil bagus saat mengenakan nomor punggung 7. Sebelum era Premier League, penggemar The Reds akan menunjuk Kenny Dalglish dan Kevin Keegan sebagai pemilik nomor keramat terbaik tersebut. Benarkah semua pemain yang menggunakan nomor ini sakti mandraguna? Kenny Dalglish membela Liverpool selama 13 tahun pada 1977-1990. Selama periode itu, Dalglish memberikan delapan trofi Liga Inggris.

Sementara Kevin Keegan bermain untuk The Reds selama tujuh tahun, tepatnya pada 1971-1977. Ia berperan dalam memenangkan 3 gelar Liga Inggris, 1 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 2 Piala Super Eropa untuk The Reds. Namun, sejak era Premier League, pemiliki nomor punggung 7 justru memiliki sejarah yang aneh. Terhitung sejak musim 1993-1994 ada tujuh pemain yang menggunakan nomor tersebut. Ketujuh pemain tersebut memiliki prestasi yang berbeda di Anfield. Ada yang sukses, ada juga yang terpuruk.

Berikut torehan pemain nomor punggung 7 Liverpool pada era Premier League dari yang terbaik hingga terburuk, seperti dilansir Planet Football.

Luis Suarez
Dibalik Fakta Penyandang Nomor Punggung 7 Liverpool
Luis Suarez pernah membela Liverpool pada 2011-2014. Selama bermain di Anfield ia mengenakan nomor punggung 7. Pemain asal Uruguay tersebut tampil ganas dengan nomor punggung tersebut. Ia mencetak 78 gol untuk Liverpool di Premier League. Namun, kisah Suarez bersama Liverpool berakhir di musim panas 2014. Ia memilih melanjutkan karier ke Barcelona.

Steve McManaman

Steve McManaman tampil memukau setelah mengambil alih nomor punggung 7 pada 1996. Nomor tersebut sebelumnya dipakai oleh Nigel Clough. Ia memiliki tiga musim yang hebat saat mengenakan nomor punggung tersebut. Prestasi terbaiknya terjadi pada musim 1997-1998. Saat itu, ia mencetak 11 gol dan membawa Liverpool finis di tempat ketiga. Namun sayang kariernya menurun setelah pindah ke Real Madrid musim berikutnya.

James Milner

James Milner menjadi pemegang nomor punggung 7 terlama di Liverpool sejak era Premier League. Ia mengenakan nomor tersebut sejak pindah dari Manchester City pada 2015. Ia merupakan wakil kapten Liverpool, namun sudah jarang mendapat menit bermain karena faktor usia. Milner juga bisa mengisi dua posisi berbeda yakni gelandang dan bek sayap.

Vladimir Smicer.

Vladimir Smicer merupakan pemain Liverpool dari 1999-2005. Awalnya ia mengenakan nomor punggung 7 sebelum diserahkan kepada Harry Kewall pada 2003. Ia berposisi sebagai gelandang serang. Momen yang dikenang manis oleh Smicer adalah membantu Liverpool melakukan comeback dramatis atas AC Milan di final Liga Champions 2005. Ia merupakan satu di antara pencetak tiga gol The Reds.

Harry Kewell

Harry Kewell merupakan pemain berpaspor Australia yang membela Liverpool pada 2003-2008. Namun sang pemain kerap dilanda oleh cedera. Dalam lima tahun berseragam The Reds ia hanya mencetak 12 gol dari 98 penampilan.

Robbie Keane

Penyerang Irlandia, Robbie Keane (kiri) mendapat pengawalan dari bek Gibraltar, Josep Chipolina, pada partai Kualifikasi Euro 2016 Grup D, di Algarve Stadium, Faro, Portugal (4/9/2015). Irlandia terinsipirasi Leicester City untuk tampil mengejutkan di Pra. Robbie Keane sempat membela Liverpool selama satu musim pada 2008-2009. Namun, ia hanya bermain selama setengah musim dan dipinjamkan kembali ke Tottenham Hostpur. Dalam 19 penampilannya, ia hanya mencetak 5 gol.

Nigel Clough

Nigel Clough merupakan pemilik nomor punggung 7 pertama Liverpool di era Premier League. Ia masuk skuat The Reds pada 1993. Namun, ia gagal bersinar di sana. Clough hanya membuat 39 penampilan dan 7 gol dalam tiga musim berseraham Liverpool.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar