15 Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Didapatkan - Autensofaiken

Breaking

Selasa, 16 Juni 2020

15 Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Didapatkan

15 Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Didapatkan
Jenis ikan guppy lokal yang ada di Indonesia bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan jika anda ingin memelihara ikan hias yang indah dengan harga terjangkau. Bentuk tubuhnya yang kecil, dengan sirip yang berwarna-warni membuat banyak orang menyukainya.

Spesies ikan hias air tawar satu ini merupakan anggota suku Poecilidae yang berukuran kecil dan sangat populer. Banyak orang suka memelihara ikan guppy karena memiliki warna yang cantik. Tak heran jika para kolektor ikan berlomba-lomba berburu ikan guppy dengan corak yang cantik.

Di dunia, ada banyak jenis ikan guppy yang cukup beragam. Berikut 15 jenis ikan guppy yang sangat populer dan banyak diburu dilansir dari laman semuaikan.com:

Ikan Guppy Cobra

Ikan guppy cobra memiliki ciri khas corak tubuh seperti kulit ular dengan dominasi warna merah pada ekor dan siripnya. pada bagian seluruh tubuh guppy jantan yang mempunyai kombinasi warna seperti hitam, putih atau kuning. Sangat banyak ikan guppy yang bercorak seperti kulit ular, karena corak inilah yang pertama kali sudah bisa diidentifikasi.

Ikan Guppy Metalik


Ikan guppy metalik memiliki warna yang cenderung biru atau abu-abu gelap metalik pada tubuh jantan. Sering juga terlihat jenis metalik cobra yang merupakan kombinasi antara gen cobra dan gen metalik yang dikawinkan.

Guppy Japan Blue


Jenis ikan guppy satu ini memiliki dominasi warna biru langit yang sangat terlihat pada ekor dan siripnya. Jenis Japan blue ini diperkirakan berasal dari guppy liar yang ada di Jepang. Karena adanya pengaruh dari gen lain, warnanya menjadi sangat bervariasi misal dari ungu ke turquoise. Perkembangan terbaru dari jenis Japan Blue adalah Lazuli yang umumnya memiliki warna biru langit pada bagian kepala dan pangkal ekor.

Guppy Pink White

Jenis guppy pink white ini belum teridentifikasi sumber asalnya. Karakteristik dari jenis ini terdapat warna putih pink pada pangkal ekornya. Pada awal kemunculannya, guppy jenis memiliki ekor yang berwarna semburat merah.

Ikan Guppy Tuxedo

Gen tuxedo yang ada pada guppy jenis ini tidak hanya memberikan pengaruh pada warna saja, melainkan pada ukuran sirip yang terlihat tidak seperti guppy pada umumnya. Guppy tuxedo memiliki warna gelap pada tubuh bagian belakang seperti warna biru tua dan hitam. Namun, tingkat coverage setiap guppy berbeda-beda. Hanya saja pada umumnya menutupi separuh bagian tubuh belakang.

Guppy Mozaic

Jenis guppy satu ini memiliki ciri khas pola dan corak bergelombang pada sirip dan ekornya. Polanya selalu memiliki susunan yang rapi dan beraturan antara biru dengan kuning ataupun merah dengan biru tua. Untuk mendapatkan gen mozaic terbilang cukup susah. Mereka harus dikawin silangkan dengan gen lain agar menghasilkan gen mozaic dengan corak yang cantik.

Ikan Guppy Grass

Ikan Guppy Grass merupakan perkembangan dari guppy mozaic. Guppy grass memiliki corak pada sirip ekor dan sirip punggungnya. Bentuk noktah grass ternyata dapat memberikan perbedaan warna yang nyata, grass bercorak pisau halus muncul pada red grass sementara corak noktah titik pada blue grass.

Namun saat ini baik blue gress maupun red grass memiliki corak noktah titik halus. Pada awal kemunculan guppy grass memiliki warna sirip punggungnya yang transparant sehingga kadang disebut juga glass grass.

Guppy Leopard

Jenis ini memiliki ciri-ciri adanya noktah tebal dan tersebar acak pada siripnya yang berwarna gelap. Jenis guppy satu ini bisa dijumpai dengan mengawinkan jenis cobra dengan jenis guppy polos. Beberapa kemungkinan menunjukkan jika gen varietas ini merupakan perkembangan dari guppy mozaic.

Guppy Green Red Dragon


Jenis ikan guppy satu ini sangat diminati oleh para kolektor ikan hias di Indonesia. Ikan guppy jenis red dragon mempunyai bentuk sirip yang melebar kearah samping dan dikenal dengan ekor delta. Coraknya juga sangat unik dengan perpaduan warna yang beragam. Tak heran, jika jenis ikan guppy ini dibanderol dengan harga yang mahal. Tiga ekor ikan guppy jenis red dragon ini bisa terjual dengan harga satu jutaan rupiah.

Guppy German Platinum Crown Tail

Ikan guppy jenis ini merupakan salah satu yang memiliki harga jual termahal. Tak heran, jenis guppy ini terlihat memiliki sirip yang sangat cantik. Ekornya juga terlihat seolah membentuk mahkota, sehingga jenis ini dinamakan crown tail. Ikan guppy ini merupakan ikan guppy yang berasal dari daerah moscow australia. Warna dasar tubuhnya berwarna pink dan sedikit keunguan. Ekornya panjang dan tampak sangat elegan ketika berenang di bawah air.

Black Moscow


Jenis ikan guppy ini memiliki ciri khas warna hitam pekat pada seluruh bagian tubuhnya. Ikan guppy bertubuh hitam ini tidak hanya dari moscow saja namun juga ada yang dari thailand. Keduanya sama hanya asalnya saja yang berbeda.

Young Pair Champion Purple

Jenis guppy ini dikatakan sebagai jenis yang sangat mahal. Diketahui, harga satu ekor ikan guppy jenis ini dibanderol dengan harga $80 atau sekitar Rp1 juta. Ikan guppy jenis ini tergolong gen yang cukup langka dengan corak yang cantik polos. Tak heran jika harganya pun menjadi mahal.

Ikan Guppy Platinum Half Moon

Ikan guppy ini juga termasuk kedalam jenis guppy termahal. Corak warna tubuhnya yang bergradasi mampu menjadikan bentuk tubuhnya terlihat begitu cantik. Sama dengan namanya guppy jenis ini semua bagian tubuh berwarna silver platinum. Sedangkan di bagian tengah memiliki warna hitam ke-silveran.

Ikan Guppy Blue Grass


Ciri khas guppy satu ini terdapat pada ekornya yang sangat lebar dan cantik. Bagian kepala hingga ekor berwarna kuning dan bagian sirip serta ekornya memiliki warna biru lengkap dengan bintik totol hitam. Ikan guppy satu ini juga dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Cara Merawat Ikan Guppy
  1. Selalu Perhatikan Kondisi Akuarium dalam keadaan bersih dan pH air yang seimbang
  2. Atur suasana akuarium seperti dalam habitat aslinya yang tinggal di tempat berarus
  3. Berikan makanan yang bergizi seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra, dan lain sebagainya. Bisa juga memberikan pelet sebagai penggantinya.
  4. Jangan campurkan ikan guppy dengan ikan lain yang agresif. Hal ini dikarenakan guppy merupakan jenis ikan yang tidak agresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar